Posted by : misnaditabii Senin, 22 April 2013

Mungkin bagi anda yang suka hoby desain grafis akan membuat kartu nama atau sebagainya menggunakan aplikasi CorelDraw. namun dengan aplikasi lainpun bisa, seperti Inkscape ini. Inkscape tidak kalah hebatnya dalam hal membuat karya desain grafis. atau bagi anda yang berkeinginan membuat kartu nama sendiri namun tidak tahu caranya. mungkin tutorial ini bisa membantu.

Sebelumnya saya sudah membuat artikel dengan judul Cara menginstal Inkcape. Dan bagi anda yang sudah menginstal dan ingin tahu cara membuat kartu nama dengan Aplikasi Inkscape, berikut caranya :

1. Buka Aplikasi Inkscape
2. klik File > New > Business_Card_85x54mm


3. Hasilnya halaman kerja baru dengan ukuran 5x9 cm


4. lihat sederetan menu disebelah kiri dan pilih menu create restangules and suares atau tekan tombol F4         pada keyboard

5. Berikutnya buat area kotak dengan cara klik dan drag pada lembar kerja yang sebelumnya putih kini menjadi hijau. ini warnanya bisa disesuaikan sendiri. untuk merubah warna background bisa klik select and transform atau tekan tombol F1 pada keyboard.


6. Agar tampilan lebih menarik, buat lagi area kotak dan beri warna putih atau lainnya. beri opaciti 70% dan juga buat area kotak tadi pojoknya menjadi elips. kurang lebihnya seperti ini.


untuk bagian atas, kecilkan ukurannya pada gambar kotak putih, dan berilah teks dengan nama "KARTU NAMA" atau yang lainnya diatasnya. lebih jelasnya seperti ini.


Ops, ada yang lupa. untuk memberi teks pada area. klik create and edit teks objek atau tekan tombol F5 pada keyboard. (lihat icon yang dibulat merah)

7. Berikutnya tinggal mengisi data-data kita yang mau ditampilkan di kartu nama, semisal nama, tempat dan tanggal lahir dan sebagainya. Dan hasilnya seperti berikut.


8. Berikutnya tinggal beri foto kita kalau mau diberi foto, caranya klik File > Open dan cari lokasi foto itu berada, kalau ukuran fotonya terlalu besar, maka kecilkan lah foto itu dengan cara klik tool select and transform atau tekan tombol keybord F1, klik pada foto. dan tentukan ukurannya. hasilnya seperti berikut.



Sampai sini sebenarnya sudah selesai. tinggal kita menambahkan apa yang kurang.

Ok,

Sekian, moga bermanfaat





{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Buat kartu nama sekalian belajar adobe...

    Baca juga Info Komunitas Online Megapolitan => Infonitas.com

    BalasHapus

- Copyright © Kliktabi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -