Posted by : misnaditabii Minggu, 21 April 2013

Ketika pertama kali kita menjalankan komputer maka pada saat proses booting biasanya terdengar suara "Beep" satu kali, namun terkadang ada pula disaat proses booting terdengar suara "Beep" berkali-kali atau hanya terdengar bunyi sekali dan panjang. bagi saya sendiri yang kurang begitu mengerti di Dunia Komputer alias saya orang awam, mungkin hal itu akan membingungkan kita sendiri, kok suara "Beep" berbeda dari biasanya ? atau muncul pertanyaan yang lain. Namun inilah yang perlu kita ketahui, bahwa suara "Beep" pada komputer itu memiliki arti tersendiri. berikut arti dari tiap suara "Beep" pada komputer.




Bunyi Beep pendek satu kali
Jika pada saat komputer pertama kali dihidupkan atau pada saat komputer booting dan terdengar suara beep satu kali maka ini artinya komputer telah berhasil melakukan dan menghidupkan semua komponen yang dibutuhkan untuk proses boot-up komputer. hal ini adalah normal, dalam artian komputer tidak ada masalah.

Bunyi Beep pendek dua kali
Jika komputer kita terdengar suara Beep dua kali maka ini artinya ada masalah pada konfigurasi atau setting pada CMOS.

Bunyi "Beep" panjang satu kali dan pendek satu kali
Jika komputer kita terdengar suara Beep panjang satu kali dan pendek satu kali pula maka ini artinya ada masalah pada perangkat keras motherboard atau memory anda. Coba cek ulang apakah kedua perangkat tersebut masih bisa berfungsi atau terpasang dengan baik atau tidak.

Bunyi "Beep" panjang satu kali dan pendek dua kali
Bunyi "Beep" panjang satu kali dan pendek dua kali maka ini artinya ada masalah pada monitor atau VGA Card.

Bunyi "Beep" panjang satu kali dan pendek tiga kali
Bunyi "Beep" panjang satu kali dan pendek tiga kali maka ini artinya ada masalah pada keyboard. Coba cek keyboard Anda atau coba kencangkan sambungan kebel dari keyboard yang biasanya terpasang ke port serial, PS/2, ataupun USB.

Bunyi "Beep" panjang satu kali dan pendek 9 kali
Bunyi "Beep" panjang 1 kali dan pendek 9 kali itu artinya ada masalah pada ROM BIOS.

Bunyi "Beep" panjang terus-menerus
Jika komputer kita mengalama masalah ini, itu artinya komputer kita ada masalah di DRAM.
Bunyi "Beep" pendek terus-menerus
Jika komputer kita mengalami masalah ini, maka itu artinya komputer kita ada masalah penerimaan tegangan (power)

Dan sekarang ada beberapa merek motherboard yang akan mengeluarkan bunyi "Beep" beberapa kali apabila terperatur prosessornya terlalu tinggi (panas)


Sekian sedikit artikel dari saya yang berjudul "Arti Bunyi "Beep" pada komputer" moga bermanfaat, kiranya bagi yang mengunjungi blog ini dan merasa ada yang salah pada artikel tersebut diatas. kiranya mohon komentar dan koreksinya.

Terimakasih.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Kliktabi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -