Posted by : misnaditabii Sabtu, 20 April 2013


Berbagai ukuran sim card

Apa itu Nano SIM Card ? - Sekarang handphone di buat semakin minimalis dan menarik, seperti iPhone 5 yang mengklaim smartphone tertipis di dunia. Namun semakin tipisnya Smartphone ada juga untuk iPhone 5 ini harus menggunakan Nano SIM Card. Ada yang tahu apa itu Nano SIM Card? semua akan di jelaskan di sini.



Nano SIM Card sendiri merupakan SIM Card dengan ukuran terkecil yang saat ini diaplikasikan ke perangkat mobile.

Meski secara teknis memiliki fungsi yang sama sebagai chip, nano SIM Card membuat iPhone semakin eksklusif. Dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang nano SIM card tersebut yaitu:





Ukuran
Pada dasarnya, ukuran nano SIM Card selaras dengan katanya, yaitu super kecil. Menurut perbandingan, ukuran tersebut akan sebagai berikut: SIM Card (15 mm x 25 mm x 0.76 mm), micro SIM Card (12 mm x 15 mm x 0.76 mm), dan Nano SIM 
Card (12.3 mm x 8.8 mm x 0.67 mm). Ukuran ini tentu dihadirkan dengan berbagai macam pertimbangan, khususya Apple yang tidak ingin eksklusivitasnya disaingi.



Pemotongan
Ada beberapa pihak yang mencoba memotong SIM Card biasa menjadi Nano SIM Card. meski sangat tidak disarankan, praktek-praktek seperti ini tetap ada, meski sangat sulit. Upaya ini dikarenakan perubahan dari SIM Card ke Micro SIM Card pernah dilakukan melalui pemotongan secara manual dan berhasil. Permasalahannya, ketebalan kedua jenis SIM Card tersebut sama, yakni 0.76 mm, sementara nano SIM Card memiliki ketebalan berbeda, yakni hanya 0.67 mm sehingga menyulitkan praktek-praktek ilegal seperti ini.



Ketersediaan
Untuk Nano SIM Card ketersedian di Indonesia masih belum banyak namun beberapa operator sudah mulai ada yang menjual dengan cara pre-order. Beberapa Operator yang sudah mempersiapkan secara pre-order antara lain, Telkomsel dan IndosatSedangkan bagi pengguna XL Nano-SIM XL sudah tersedia pada pertengahan Oktober 2012 di XL Center Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar. Harganya hanya Rp 3.000/Nano-SIM.



Informasi yang sangat jelas ini semoga dapat memberikan informasi seputar Nano SIM Card.


{ 4 komentar... read them below or Comment }

- Copyright © Kliktabi -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -